Oleh: Pudji Lelono

JAKARTA–pelabuhanku.com:  Ada empat calon ketua Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia II  (SPPI II) Tanjung Priok akan mengadakan pemilihan ketuanya pada 22 September 2011, empat kandidat tersebut berjanji akan meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Ketua Serkat Pekerja Pelabuhan Tanjung Priok  yang  kini dijabat Kirnoto ternyata masih mencalonkan kembali ikut pemilihan calon ketua Serikat Pekerja Pelabuhan Tanjung Priok periode 2011-2014.

“Pokoknya saya mengikuti kembali pemilihan calon ketua serikat pekerja bukan atas keiinginan pribadi, tapi dorongan dari karyawan. Termasuk kesuksesan memperjuangkan kesejahteraan karyawan juga bukan semata-mata usaha sendiri tapi integrasi para karyawan dan pengurus  lainnya,” ujar Kirnoto yang menjadi calon ketua serikat pekrja dengan nomor urut dua.

Mungkin dari sekian perjuangan yang belum membuahkan hasil, tentang bantuan dana kepemilikan rumah, karena hal itu tidak disetujui oleh kementerian BUMN. “Namun tetap akan diperjuangkan dengan nama pinjaman multi guna yang bias digunakan untuk mempereh kredit rumah.”

Sementara itu pesaing dengan nomor urut satu, Sugianto lebh mengedepankan tunjangan para pekerja sudah layaknya untuk diperhatikan, khususnya para pekerja tingkat bawah yang kurang tersentuh.

“Selain gaji, harus ada penilaian yang lebih rinci, jangan sampai yang rajin itu sama saja dengan karyawan yang kurang rajin. Apalagi ada karyawan yang memiliki integritas dan kreatif yang tinggi,” ujar Sugianto.

Untuk Kandidat Calon Ketua Serikat Pekerja nomor urut tiga, Husauni, semanga bersatu dan kebersamaan harus diciptakan, jangan mentang-mentang karyawan yang bekerja dengan investor asing memiliki gaji hingga tiga kali lipat dari PT Pelabuhan Indonesia II. “Ini akan meninmbulkan perpecahan yang akhirnya menjadi bumerang keberadaan manajemen di kemudian hari,” kata Suhaimi.

Pesaing kuat

Untuk nomor urut empat, Riston Pangaribuan  yang maju dalam bursa pemilihan calon ketua SPPI II Cabang Tanjung  menyatakan akan menjadikan serikat pekerja sebagai saluran komunikasi karyawan dengan pihak manajemen, sehingga produk kebijakan manajamen benar-benar berpihak pada kepentingan karyawan.

“Jumlah suara sudah cukup banyak, dan ini adalah momentum untuk mewujudkan keinginan karyawan. Masalah kemenangan adalah proses demokrasi tapi penyataan dukungan cukup baik.”.

Apalagi, kini sedang dalam sorotan  manajemen adalah  meningkatkan kualitas sumber daya manusia, maka semua lapisan karyawan secara bertahap juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan, tidak hanya pada lapisan tertentu  saja,” ungkap  Riston.

Kenapa hal itu diperlukan, tambah Riston, karena peningkatan kinerja perusahaan bisa terjadi, karena peran dari semua lapisan karyawan.“Peran mengkomunikasikan harapan karyawan ke manajemen ini yang tentunya menjadi ujung tombak, adanya hubungan saling mendukung,” tambahnya.

Ia juga mengakui keberadaan pengurus SPPI II Cabang Tanjung Priok saat ini sudah baik, namun demikian harus dipertajam, dengan menciptakan roda kepengerusan bergerak di semua bidang-bidang yang ada dalam struktur kepengerusan. Dengan begitu, katanya, maka kegiatan serikat pekerja bukan monopoli oleh pihak ketua, tetapi terbagi habis oleh semua pengurus yang ada. “Keadaan itu akan membuat serikat dinamis, karena kegiatan bervariasi oleh sejumlah orang yang duduk dalam kepengurusan, bukan di tangan satu orang atau ditangan ketuanya saja,” ungkapnya.

Hasratnya untuk terjun dalam  pemilihan ketua SPPI II Cabang Tanjung Priok, dikatakan tidak lepas  karena semakin strategisnya peran karyawan dalam meningkatkan kinerja pelabuhan Tanjung Priok, baik dari segi munculnya persaingan usaha pasca diperbolehkannya swasta untuk mengelola pelabuhan umum, dan semakin meningkatnya kapal dan muatan yang masuk  ke pelabuhan terbesar di Indonesia ini.(*/idr)

Share

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

PELINDO tiga
LOGO TPK Koja
GRAHA SEGARA
TEMAS LINE
DKB
ARCOLA
ABH
FIATA
GINSI
APBMI
ASIA PASIFIC
APMTI
PT EDI Indonesia
APBI
Space Iklan
Space Iklan