Sahat,Kepala BOP Tanjung Priok

Oleh:Pudji Lelono

JAKARTA- pelabuhanku.com:  Pelaksanaan penetapan sandar kapal dan pelayanan barang di Pelabuhan Tanjung Priok akan dilakukan    oleh Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, mulai Selasa, 26 April 2011.

Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Sahat Simatupang mengungkapkan mulai  Selasa (26/04) surat keputusan tentang pelayanan kapal dan barang akan ditandatangani.

“OP memang sudah selesai melakukan berbagai revisi pada surat keputusan tentang pelayanan kapal dan barang di Pelabuhan Tanjung Priok oleh Otoritas Pelabuhan dan besok (hari ini 26/04) sudah dapat ditandatangani dan sekaligus didistribusikan ke semua instansi terkait,” ujar Sahat kepada pelabuhanku.com, Senin sore (25/04).

Pada prinsipnya, lanjut Sahat, sistem pelayanan kapal dan barang yang selama ini sudah on line melalui pusat pelayanan satu atap (PPSA) akan tetap berjalan, karena itu sudah sistem, namun akses OP dapat masuk dan otoritas tetap di OP.

“Misalnya  sistem sandar kapal, nanti harus terlebih dapat clearance dari karantina lebih dulu, baru kemudian disetujui OP. Artinya  prosedur sangat ketat,” ujar Sahat.

Kelancaran arus barang tetap menjadi prioritas, kata dia, meskipun ada minimal tiga orang staf OP di PPSA tidak akan mengganggu kelancaran pelayanan bongkar muat, karena tidak perubahan yang signifikan seperti yang telah berlangsung. “Tetapi kalau ada keluhan, harus diajukan kepada OP, diantaranya tarif yang mahal atau PBM mana yang akan terlibat.”

Perihal pengambilalihan PPSA ini memang tidak kentara, apalagi sosialisasinya sebenarnya sudah berlangsung. “Jadi tidak ada kendala apapun ketika OP sudah mulai secara penuh di PPSA,” katanya.(*)

Share

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

PELINDO tiga
LOGO TPK Koja
GRAHA SEGARA
TEMAS LINE
DKB
ARCOLA
ABH
FIATA
GINSI
APBMI
ASIA PASIFIC
APMTI
PT EDI Indonesia
APBI
Space Iklan
Space Iklan